Tuesday, 27 August 2013

widget blog archive (blogskin)

Setelah kemaren aku cukup bingung, nyoba nyari nyari tahu gimana caranya biar di halaman blogskin aku ada blog archive kayak yang ada di blogspot template. Sekarang aku udah bisa looooooh.

Seneng sih, eh seneng banget. Kemaren udah nyoba nanya Novita , makasih ya udah mau tak tanyain hehe.
Udah nyoba nanya ke orang lain juga, tapi pada gaktau :(

Akhirnya aku nyoba searching searching di google, tapi nihil :(
Yang ada cuman tata cara gimana nambahin blog archive di blogspot template. Iya yang lewat layout terus add gadget blog archive itu. Udah banyak sih tutorial tutorial yang aku bukak. Tapi dapetnya cuman itu itu aja. Kan aku jadi bete.

Kemaren udah dapat juga sih blog archive lain yang gampang bikinnya tapi gak kayak yang aku pengenin. Cuman ndisplay-in tanggal atau bulannya doang. Nggak ada judul entrynya gitu :(

Buuuut, noooow! I got it, yeee i got ittt!

Tadi sih awalnya liat tutorial gimana caranya nambahin widget followers, yang dipost sama kak amalina. Nah dari situ aku kepo, kalo widget followers bisa, pasti blog archive juga bisa dong. Dan disini aku mau ngeshare ilmu yang baru aja aku dapetin hehe :)


  • Pertama tama backup dulu template kamu, cuma jaga jaga aja. siapa tau nanti gagal dan malah template km rusak kan sayang banget :)
  • Kedua, tukar template classic kamu ke template blogspot ya, caranya tingkatkan template kamu :)

  • Ketiga buka layout/tata letak. Tambahkan gadget blog archive kamu ke halaman blog kamu :)
  • Habis itu simpan setelan yang baru saja kamu perbarui dan lihat blog kamu widget itu akan keluar :)

  • Klik CTRL+U seketika. Maka akan muncul kode kode blog kamu :)
  • Kemudian klik CTRL+F dan cari kode ini 
 <div class='widget BlogArchive' id='BlogArchive1'>

  • Kemudian copy kode itu dari   <div class='widget BlogArchive' id='BlogArchive1'>  tadi sampai  <div class='clear'></div>
  • Setelah itu, kembalikan template yang telah km tingkatkan tadi ke template classic.
  • Pilih tempat yang sekiranya sesuai untukmu menempatkan kode blog archive tadi.
  • Jika sudah, pastekan kode tadi dan pratinjau sebelum save :)
  • Jika setelah kamu pratinjau ternyata kamu nemuin gambar kunci pas dibawah blog archive kamu tadi, hapus kode  <div class='clear'></div> yang ada dipaling bawah kode blog archive kamu tadi. Hingga kode yang ada di paling bawah memuat </span><div><div>
  • Kemudian preview sampai jadi :)
  • Baru kemudian save.
  • Selamat mencobaaa :)

No comments:

Post a Comment