Tuesday, 27 August 2013

Past, Now and Tommorow


  • Waktu
Satu kata yang luar biasa yang telah sama sama secara tidak langung disepakati oleh semua makhluk untuk memeranginya. Seperti apapun kondisinya, waktu akan terus berjalan, berlalu dan tanpa henti.

Waktu adalah satu-satunya hal dimuka bumi ini yang tak mengenal lelah. Pagi, siang, sore, malam tetap berjalan, tak pernah tidur.
Meski tiada berwujud.
Meski tiada berasa.
Meski tiada hal yang bissa menggambarkannya, waktu selalu menjadi bagian penting dalam diri setiap orang, menjadi suatu hal yang disegani pula.

Waktu terbagi menjadi tiga, masa lalu, sekarang dan masa depan.

  • Masa Lalu
Masa lalu adalah tragedi, tragedi yang takkan pernah bisa terulang kembali. Bagaimanapun upaya yang kamu lakukan, meskipun semua energi kamu kerahkan untuk kembali mengarunginya tak akan bisa. Tak akan pernah bisa. Masa lalu itu hanya bisa dikenang dan disesali biasanya.

Orang yang berharap dapat kembali ke masa lalu untuk memperbaiki hidup lampaunya itu seperti mencoba menghidupkan batu. Seperti menghidupkan mayat dalam kubur. Semua sia-sia. Sekali lagi, takkan pernah bisa.

Bukannya perbaikkan yang akan dia dapatkan justru malah malapeta yang akan menghampirinya.
Ibaratnya sih saat kita udah siap membangun istana yang sangat megah, eh malah kita sibuk meratapi puing puing bangunan tua yang sudah lapuk.

Jika semua orang seperti itu, mungkin dunia takkan pernah mengalami kemajuan, justru akan semakin terperosok mundur kebelakang :)

Masa lalu telah berlalu, hanya tinggal kenangan dan mungkin serpihan luka yang seharusnya kita obati, bukannya kita ratapi -me-


  • Sekarang
Dalam suatu pelajaran agama, aku pernah mendengar nasihat guruku.

Jalanilah hidupmu seakan waktu yang kamu miliki tinggal hari ini

Kenapa demikian? Agar kita selalu memanfaatkan hari kita dengan benar. Bukankah semua orang tahu kalau setelah kematian tiba akan ada dunia kedua? Bukankah segala hal yang kita lakukan selagi menjadi manusia harus dipertanggungjawabkan?

Maka dari itu karena hari ini kita yakini sebagai hari terakhir kita, lakukanlah hal hal yang sekiranya akan menjauhkan mu dari yang namanya neraka. Kan kalo kamu melakukan hal yang bermanfaat pasti kamu dapat mencium bau surga suatu saat nanti, bagaimana ya rasanya? pasti sangat dahsyat :D


  •  Masa Depan
Karena masa depan itu masih tak terbaca, sesungguhnya kita dapat merencanakan hal-hal yang sekiranya dapatt kita lakukan. Menuliskan beberapa target semacam wishlist gitulah.

Tapi tetap saja, yang namanya masa depan itu masih abstrak, masih berada dalam bayangan dan bahkan belum diciptakan. Jadi sama sekali belum terlihat. Jadi jangan pernah terobsesi pada masa depanmu. Jalani dulu apa yang sekarang ini kamu lakukan. Karena sekali lagi, tanamkan statement dalam hidupmu kalau hidup kamu itu tinggal hari ini.

Maka bagi kita masa depan itu gak ada dan belum tercipta bukan? Jangan kayak mama loren yang katanya bisa baca masa depan, katanya 2012 kiamat. Nyatanya? Masih adem ayem sampek sekarang.

Soooooo,

Dont waste your time, hargailah waktumu barang sedetik pun :) 

Karena waktu tak bisa dikendalikan, maka berusahalah untuk selalu membuat waktumu bermakna :)

Yang lalu tak mungkin kembali, jadi sekarang lakukan yang terbaik agar kau tak pernah menyesalinya kelak. Dan yang besok belum terjadi, jadi jangan harap kehadirannya cepat datang :) 

No comments:

Post a Comment