Wednesday, 2 October 2013

Guru bernama Pengalaman.

Pengalaman adalah suatu hal yang katanya dapat membuat kita lebih kuat saat mengalami keadaan yang dulu pernah dialami. Katanya, pengalaman dapat membuat kita lebih kebal dan lebih tahu harus memilih apa yang mesti dilakukan selanjutnya. Pengalaman seperti memberi kita semacam warning agar kita tak lagi mengalami kegagalan atau kesalahan yang sama. Pengalaman akan memberi kita clue tentang mana pilihan yang harus dijalani.

Pengalaman adalah pelajaran berharga, yang lebih berharga dari seberapa lama seberapa banyak ilmu yang kamu dapetin di sekolah. Karena pengalaman adalah guru yang hebat, guru yang gak pernah meributkan kita dengan berbagai tugas. Guru yang gak pernah nuntut kita punya nilai diatas KKM. Pengalaman itu guru terhebat, terbaik dan hanya bisa kamu lihat pake hati.

Karena itu, pengalaman harusnya kita kasih ruang tersendiri dalam memory kita. Semacam kita menghapal rumus saat akan ulangan matematika. Pengalaman juga gitu, bedanya gak ada yang namanya ujian pengalaman, gak ada lulus-lulusan. Karena setiap hari yang kita jalani adalah suatu ujian. Dan jikalau kita berhasil melaluinya pengalaman berikutnya akan terus datang di sepanjang hari kita di dunia.

Maka itu tadi, pengalaman harus diinget baik-baik untuk kemudian ditelaah kembali kalau kita sedang dihadapkan pada situasi yang sama.

Tapi pengalaman gak selamanya berjalan sesuai situasi, pengalaman tak selamanya memberi kita kekuatan lebih. Kadang ada pengalaman yang meskipun kita telah berkali kali merasakannya, menghadapinya, tapi rasanya tetep sama, tetep gitu gitu aja, bahkan kadang lebih menyakitkan. Dan pengalaman yang seperti itu hanya membawa ingatan kita flashback ke masa lalu. Hanya untuk kita bandingkan bagaimana rasanya, dan hanya untuk sekedar mengetahui perbedaannya tanpa solusi lebih.

Pengalaman yang menyenangkan kadang membuat kita berfikir untuk kembali mengulanginya lagi dikemudian hari. Membuat kita lebih berani untuk merangkai mimpi yang lebih besar dari apa yang kita raih.

Laugh, credit : Tumblr

Beda lagi dengan pengalaman pahit, disaat kita ada di situasi seperti ini yang ada di pikiran kita adalah apapun caranya keadaan kayak gini gak boleh kejadian lagi. Mengharapkannya pergi sejauh mungkin dan tak boleh kembali lagi. Karena kita gak mau terluka lagi, gak mau sedih lagi. Tapi bukannya kalau sudah pernah gagal dan gagal lagi akan lebih mudah untuk bangkit? Jadi kenapa harus takut?

Cry, credit : Tumblr

Itulah ragamnya pengalaman. Kadang bisa membuat kita kuat karena saking berpengalaman, tapi kadang bikin kita trauma karena takut akan hal hal mengerikan akan terjadi lagi. Pengalaman bisa mengebalkan, menguatkan dan bisa membuat kita memiliki extra kehati-hatian dalam mengambil keputusan.

Jadi,

Life your days! And always believe that God always with you. So everything gonna be just fine.


credits : Tumblr

No comments:

Post a Comment