Saturday, 14 December 2013

[Review] Kamu Duniaku

Bonjour!
Mau ikut sok-sok eksis nih bikin review-reviewan :)
Awalnya sih males juga bikin review. tapi setelah baca buku ini aku rasa dunia perlu tahu nih.
Sebenernya udah mau dari kemaren-kemaren ngereviewnya, tapi sayangnya aku hanya manusia biasa yang tergoda oleh bermacam-macam hal yang bikin aku males ngetiknya. Walaupun asli sebenernya nggak ada kerjaan :D
Oke skip intermezzonya, yuk langsung baca review aku ya :)
Jelek gapapa ya? Ini pertama kalinya aku nyoba bikin review :)








JudulKamu Duniaku  
No. ISBN9786022512141 
PenulisRosa Amanda Salim 
PenerbitGrasindo 
Tanggal terbitOktober - 2013 
Jumlah Halaman276
Berat Buku-
Jenis CoverSoft Cover 
Dimensi(L x P)-
KategoriRomance 
Bonus
Text BahasaIndonesia ·




















Sinopsis belakang buku :


Lily bukan setangkai bunga yang rapuh. Juga tak cantik. Ia cuma gadis remaja ala kadarnya yang terjebak dalam butanya cinta pertama. Obsesi akan Aldi, cinta pertamanya, membawa Lily masuk ke Fakultas Kedokteran. Tetap melangkah sambil membawa luka hati yang menganga, Lily berusaha menggapai cita-citanya. Begitu masuk dunia koas, gadis berotak cemerlang ini perlu banyak beradaptasi. Terutama karena ada “teman sehidup-semati” dalam kehidupan koas yang berkelompok. Kelompok sehidup-semati ini pula yang membuat Lily harus selalu bersama Robby. Keduanya berujung pada nyeri berdenyut yang menggerogoti dunianya. Lantas, bagaimana mempertahankan dunianya sendiri agar tetap utuh?





Sinopsis aku :


Lily gadis biasa tanpa keistimewaan berarti ada padanya. Di usianya yang masih terbilang belia, ia menemukan apa yang seharusnya belum ia ketahui. Yaitu cinta.


Cinta pada pandangan pertama memang wajar dimiliki setiap insan manusia. Tapi nyatanya, cinta yang hadir pada Lily tidaklah wajar. Cinta pertamanya begitu merubah hidupnya. Aldi, lelaki yang begitu ia kagumi. Lelaki yang menjadi alasan untuk Lily tertawa, hingga menjadi alasan Lily untuk menentukan masa depannya.


Obsesinya pada Aldi membuat segala hal yang Lily lakukan beralasan Aldi. Sampai akhirnya membawa Lily masuk ke Fakultas kedokteran. Lily cukup beruntung, karena di Fakultas itulah takdir menyatukannya dengan Aldi. Menjadi kekasih Alsi adalah hal yang selalu ia impikan. Tapi siapa sangka? Saat hubungan mereka telah jauh berjalan, hadir orang ketiga yang pada akhirnya membuat Aldi meninggalkan Lily.


Dengan keadaan itu, Lily tetap berusaha menjalani kehidupannya untuk terus menjadi seorang dokter. Memang itu sangat tak mudah bagi Lily. Tapi semua menjadi lebih mudah semenjak dia bertemu dengan Robby. Lelaki yang menjadi "teman sehidup-sematinya" semasa koas. Robby selalu berusaha melindungi Lily, dia juga selalu peduli akan keadaan yang Lily rasakan. 


Hal itu membuat kekasih Robby yang bernama Eve murka. Eve berubah menjadi pacar yang overprotektive dan cukup mengekang Robby. Dia menginginkan Robby untuk selalu berada di dekatnya. Itu membuat Robby merasa tak nyaman.


Tapi semua terus berjalan baik-baik saja, hingga akhirnya Lily menerima undangan pernikahan Aldi dengan Laura, wanita yang menjadi orang ketiga dalam hubungan Lily dan Aldi. Undangan itu cukup menyakitkan untuk Lily. Lalu bagaimana Lily kembali menjalani harinya? Apakah ia akan hadir ke pernikahan Aldi? Lalu bagaimana hubungan Lily dengan Robby? Dan bagaimana pula hubungan Aldi dengan Eve?


Asyik sekali membaca novel ini, kalian bakal disuguhi kisah yang menarik tentang cerita cinta para dokter muda. Tapi tenang aja, buat kalian yang sama sekali nggak ngerti dunia kedokteran tetep bakalan ngerti kok. 


Soalnya di novel ini bahasa yang digunakan sama penulisnya mudah dipahami, dan buat kata-kata yang emang nggak lazim dimengerti kaum awam ada terjemahannya kok. 

Aku aja yang nggak ngerti apa-apa tentang kedokteran bisa memahami novel ini dengan baik kok (meski kadang aku ulangi baca sih, maklum aja agak telmi gitu deh) :D

Aku suka konflik yang membelit tokoh-tokohnya. Konfliknya beribet, tapi nggak diceritakan secara ribet. Dialog antar tokohnya sederhana tapi nggak ngebosenin. Kalau dikasih rating sih 8/10 kali ya. Untuk novel seukuran ini aku anggap novel ini bagus.

Covernya juga lucu. Aku suka banget. Dari sebelum punya buku ini pun aku udah suka. Warnanya kuning, kesannya ceria gitu. Gambar covernya juga lucu, cupid tapi dokter. Dari sampulnya sih fresh, enak dipandang mata.

Tapi sayang banget, aku kecewa sama typonya. Sepele sih, tapi kan tetep aja nggak enak dilihat.
misal :

halaman 81 

"apa yang diukir diatas tatus pasien", mungkin maksutnya status.

halaman 107 

"ia baru saja dibangungkan dari tidur lelap" maksutnya dibangunkan.

Tapi bukan itu yang nggak enak dilihat. Ada juga kesalahan nulis nama tokoh disini. 
misal :

halaman 85

"ujar Lily sambil melangkah meninggalkan Lily" ada dua Lily disini kan, mungkin sang penulis mau nulis Robby di Lily yang kedua.

halaman 148

"ia duduk di bangku plastik persis dihadapan Lily" cuplikannya nggak kentara. Tapi kalimat sebelumnya dikatakan bahwa Robby sedang makan bubur. Dan Lily yang baru datang. Mungkin maksut ia itu Lily dan Lily disini diganti Robby.

Tapi nggak usah dipikirin sih masalah typonya. Typonya bisa diatasi kok dengan kecermatan membaca kita. Yang penting kan cerita yang kita baca, hehehe. 

Ceritanya aku suka banget, sekali lagi recomended banget buat kalian yang suka cerita Romance. Dan buat kalian yang pengen ngerti kenapa cinta lokasi itu bisa terjadi, iya "witing tresna jalaran saka kulina" haha.
Dibuku ini kayaknya juga pribahasa itu berlaku banget.

Yuk buat kamu-kamu yang hobby mbaca, tambah koleksi kamu.


Sekian yang bisa aku jabarkan, maaf ya kalau reviewnya terlalu panjang lebar dan nggak wajar. Soalnya lagi belajar nih, dan ini kali pertamanya bikin review :) kurang dan lebihnya minta maaf ya :)


Kalau ada yang mau nambahin atau kritik atau saran yuk langsung comment :)



No comments:

Post a Comment